backbtnImage
likeImageshareImage

Noda Hitam? Yuk, Kenalan Lebih Jauh & Ketahui Cara Mengatasinya!

Noda Hitam? Yuk, Kenalan Lebih Jauh & Ketahui Cara Mengatasinya!
#Whitening
Hai Venusians! Ingat gak waktu itu, freckle makeup sempet nge-trend di internet? Kelihatannya gemes banget gitu, noda kecoklatan yang muncul gak beraturan di sekitar pipi, akibat kena matahari. Tapi, kalian tau gak sih kalau freckle tuh banyak jenisnya? Dan kadang malah menimbulkan efek kotor dan bukan cantik kayak yang dibayangkan. Bahkan, freckle sering disalah pahami dengan noda hitam dan tanda penuaan. Yuk, langsung simak informasinya ❓Q. Ini ada noda coklat-coklat di muka, jadi ini freckle apa bukan? Gimana deh bedainnya?  Emang agak membingungkan sih. Bisa jadi itu freckle yang karena matahari, bisa jadi noda hitam, bisa jadi juga tanda penuaan. Kalau dari jauh, bentuknya mirip-mirip banget. Untuk membedakan, kita anggap freckle (bintik wajah) sama noda hitam itu sejenis, yang beda sendiri itu noda tanda penuaan yah. ❓Q. Oh, ini masing-masing beda semua? Tapi bentuknya kan tetep gitu-gitu aja…  Eits, jangan tertipu. Kalau freckle (bintik wajah) atau noda hitam itu biasanya disebabkan oleh naiknya jumlah melanin di sekitar kulit, jadi dia cuma timbul di bagian luar kulit dan tidak bertekstur. ❓Q. Terus, kalau tanda penuaan?  Tanda penuaan itu asalnya dari regenerasi kulit yang memelan sehingga sel-sel kulit mati menumpuk, jadi noda tanda penuaan itu biasanya bertekstur dan menonjol. Tapi, enggak sakit seperti jerawat. ❓Q. Kalo gitu, bedanya noda hitam dan freckle apa? Kan sama-sama cuma noda di kulit doang.  Noda hitam dan freckle memang mirip banget. Bedanya, freckle itu biasa muncul di daerah dekat hidung atau pipi, besarnya 3-10mm, dan berwarna kecoklatan terang. Kalau noda hitam, biasanya muncul di area tulang pipi, dahi dan dagu, warnanya juga lebih beragam. Bisa coklat gelap, bahkan hitam keabu-abuan. Gitu. ❓Q. Jadi, noda hitam itu penyebarannya lebih lebar ya?  Iyap betul. Kalau freckle itu, areanya lebih sempit dan bentuk titiknya pun berbeda. Kalau noda hitam, bentuknya nggak beraturan dan bisa bikin wajah terlihat kotor aja, gak aestetik gitu. Terus, freckle itu lebih sering muncul di wajah orang yang warna kulitnya lebih terang. Kalau kulitnya agak gelap, lebih sering muncul noda hitam. Dicatat ya! ❓Q. Terus, penyebab timbulnya noda hitam itu apa?  Susah juga sih untuk mengetahui apa pastinya, karena banyak faktornya. Tapi, ada 3 yang paling sering jadi penyebab timbulnya noda hitam. Yang pertama sinar UV dan visible light, pasti kalian udah sering denger deh. Kedua hal ini yang bisa naikin produksi melanin di wajah, yang kemudian jadi noda hitam deh. ❓Q. Katanya ada 3 faktor, yang kedua apa?  Yang kedua itu bisa karena keturunan. Belum bisa dipastikan bagian mana dari DNA yang menyebabkan noda hitam, tapi menurut riset, kalau orang tua kalian bermasalah dengan noda hitam, kemungkinan kalian juga akan mengalami hal yang sama. ❓Q. Oh, jadi keturunan juga ngaruh ya. Terus, ketiga apa?  Hormon perempuan juga bisa menyebabkan noda hitam. Biasanya, terdeteksi banyak sekresi hormon estrogen dan progesteron di daerah kulit yang ada noda hitam. Selain itu, faktor seperti hamil, menggunakan pil KB, atau (amit-amit) sakit kanker indung telur dan rahim juga bisa membuat munculnya banyak noda hitam. ❓Q. Selain itu ada gak penyebab lainnya?  Bentar yah, kita klarifikasi dulu mitos-mitos tentang noda hitam nih. Bener gak ya kalau masih muda kulit aman dari noda hitam, sedangkan kalau udah tua pasti akan muncul dengan sendirinya? Jawabannya, salah besar! ❓Q. Lah terus, yang bener apa?  Rata-rata, noda hitam mulai muncul di wajah dari usia 20 hingga 30an. Gak mentang-mentang udah tua terus nanti pasti muncul begitu, enggak. Biasanya, noda hitam paling banyak muncul di pasien perempuan yang kulitnya cenderung gelap. ❓Q. Terus gimana caranya menghindari noda hitam?  Yang pasti sering-sering reapply sunscreen ya. Udah bukan pilihan, ini kewajiban! Sunscreen membantu menghindari sinar matahari yang menjadi penyebab utama timbulnya noda hitam di wajah. Minimal SPF 30 untuk menghindari pengaruh buruk sinar UV, yah. ❓Q. Selain itu, apakah ada lagi cara-cara menghindari timbulnya noda hitam?  Produk-produk whitening banyak mengandung zat yang menekan produksi melanin di kulit. Jadi selain sunscreen, produk whitening juga bisa banget sih membantu mencegah munculnya noda hitam. Nah selain itu, ada juga namanya treatment laser toning untuk menghilangkan noda hitam dari permukaan kulit. ❓Q. Laser toning?  Iyah betul. Kita bisa menggunakan laser untuk menghilangkan melanin yang ada di kulit dan menyebabkan noda hitam. Laser toning menggunakan laser berkekuatan rendah untuk treatment berulang-ulang, mentarget noda hitam di wajah hingga sembuh. ❓Q. Apa bagian paling penting dari laser toning?  Yang paling penting untuk laser toning itu kekuatan lasernya. Penggunaan laser yang terlalu kuat untuk laser toning bisa bahaya buat kulit, karena bisa melukai area kulit yang gak ditarget dan resiko melukai pembuluh darah. Salah-salah, bisa menghancurkan sel-sel kulit dan pembuluh darah hingga menyebabkan sekresi sitokin. *sitokin: penyebab percepatan sekresi melanin di kulit.  ❓Q. Jadi, emang harus pake laser lemah ya? Lama dong…  Yap, betul. Memang intinya laser toning adalah penggunaan energi kecil untuk penyembuhan yang menyeluruh, diulang berkali-kali~ Makanya harus sabar. Jangan lupa, gak bisa sekali jalan langsung selesai, ya! Salah satu rahasia kulit glowing kan memang sabar dan tekun perawatan~ Nah, jadi itulah yang Venusians wajib tau tentang noda hitam, cara membedakannya, serta yang paling penting cara menghilangkannya. Kalau masih penasaran soal laser toning, langsung aja konsultasi gratis di aplikasi My Venus. Kali aja bisa sekalian booking sesi laser toning kan, hihihi. Semoga membantu ya! Jangan lupa follow instagram myvenus (@myvenus.io) supaya kamu gak ketinggalan info-info paling update soal kecantikan! Kita juga punya channel Youtube Venus Talk dimana MyVenus seru-seruan bareng sambil belajar tentang facial treatment dan skincare. Cus~
iconHeart572
iconComment+999
iconShare
Komentar 0
TerpopulerTerbaru